Tips Manfaat dari Puasa Gadget

Alat teknologi atau alat gadget menjadi suatu hal yang semakin sulit untuk bisa dipisahkan dari kehidupan umat manusia sehari-hari. Bagaimana tidak, jika hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia saat ini sudah menggunakan gadget dalam pelaksanaannya. Atas dasar ari manfaat bahwa penggunaan gadget ini yang mampu membuat pekerjaan jadi terasa lebih cepat, mudah, dan juga efektif, maka manusia seakan-akan bergantung pada sebuah gadget. Ketika dipakai dengan bijaksana, gadget pun bisa memberikan manfaat. Tetapi saat dipakai secara sangat berlebihan, gadget tetaplah bisa mengganggu kesehatan dari tubuh Anda. Untuk itu, kita perlu melakukan suatu digital detox atau puasa gadget. Lalu apa manfaat dari puasa gadget?

Inilah manfaat dari puasa gadget sehat yang dapat kita dapatkan seperti dibawah ini:

Manfaat dari puasa gadget 
- Menenangkan mata yang tegang

Ketika kita terlalu lama menatap layar gadget baik itu laptop atau handphone, maka otot ari mata lama-kelamaan akan menjadi tegang. Apalagi jika radiasi yang dipancarkan pun juga begitu kuat. Nah, ketika kita melakukan puasa gadget, maka otot mata kita jadi lebih rileks dan tenang.


- Makan dengan lebih tenang
Beberapa dari kita pasti memiliki suatu kebiasaan makan dengan sambil melihat gadget. Padahal kebiasaan ini adalah kebiasaan yang salah yang akan berujung dengan makan jadi lebih banyak sampai tersedak. Agar kita terhindar dari bahaya ini, lebih baik letakkan terlebih dahulu gadget kita.

- Mendinginkan telinga
Telinga lama-lamaan akan panas saat Anda berbicara di telepon selama berjam-jam. Penggunaan dari earphone pun juga mampu menyebabkan suatu infeksi telinga. Jadi, untuk dapat menghindarinya lebih baik letakkan gadget kita.

- Memiliki quality time dengan pasangan
Seringkali melihat pasangan yang secara fisik bersama namun mata mereka tak bisa lepas dari gadget mereka? Tanpa disadari kebiasaan ini bisa membuat mereka yang berpasangan menjadi menjauh. Oleh karenanya agar hubungan kita dan pasangan jadi lebih berkualitas, maka letakkanlah gadget kitaketika sedang bersama pasangan.

- Jadi lebih tenang
Tanpa kita sadari penggunaan gadget yang berlebihan bisa membuat seseorang jadi stres. Terlebih bila melihat berbagai macam postingan yang asal di media sosial. Jadi, bilakita ingin hidup kita lebih tenang maka bisa mencoba suatu puasa gadget.

- Tidur lebih nyenyak
Kualitas tidur kita ternyata ditentukan oleh pengguaan gadget. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menggunakan gadget yang terlalu sering, dapat menginterupsi waktu tidur dan juga menurunkan kualitas tidur kita.

- Memori lebih panjang
Sering merasa ingatan menurun dan menjadi tidak lagi tajam? Cobalah untuk melakukan suatu puasa gadget. Karena sebuah penelitian terbaru menemukan melakukan puasa gadget dalam seminggu bisa mempertajam memori kita dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Subscribe to receive free email updates: