Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Mulai tahun ajaran 2011 kemarin memang diungkapkan fakta bahwa seluruh tingkat pendidikan yang ada di Indonesia harus menyisipkan pendidikan karakter didalam proses pendidikannya. 

Mengapa? Karena memang tidak hanya pendidikan umum saja yang penting karena pendidikan karakter juga tak luput pentingnya dengan pendidikan umum. 

Pendidikan karakter adalah suatu nilai yang dapat digunakan untuk keseharian ke depannya dan untuk mengembangkan pola pikir ke arah yang jauh lebih positif. 


Karena itu pada hakikatnya menjadi sangat penting jika setiap tenaga pendidik dan pelajar tahu apa saja yang menjadi nilai dalam pendidikan karakter bangsa Indonesia yang harus dipelajari. 


Dan beberapa nilai tersebut diantaranya yaitu nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai kebangsaan, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai tanggung jawab, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial. 

Dan seperti yang kita tahu nilai tersebut merupakan sebuah nilai yang harus diimplementasikan untuk bisa menjadi pribadi yang baru dan yang jauh lebih bermartabat di mata masyarakat luas. 


Karena itu mengamalkan dan belajar tentang nilai pendidikan karakter Bangsa Indonesia menjadi sangat penting didalam ranah pendidikan Indonesia. 

Karena itu mari mulai sekarang kita jalankan pendidikan karakter bangsa Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: