Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah

Di sekolah, akan ada berbagai macam pelajaran yang disampaikan oleh guru. Diantaranya adalah pendidikan umum, pendidikan agama, pendidikan karakter dan pendidikan kewarganegaraan. 

Sebenarnya semua materi yang disampaikan di sekolah ini menjadi suatu materi yang sangat penting karena masing – masing saling berkaitan dan berintegrasi untuk membentuk karakter yang berbudi dan cerdas sesuai tujuan pendidikan yang diharapkan Indonesia atas generasi penerus bangsa. 


Berbicara soal pendidikan kewarganegaraan, banyak orang yang masih ingin tahu sebenarnya apa sih tujuan dan fungsi pendidikan kewarganegaraan di sekolah? 

Dan beberapa tujuan dan fungsi pendidikan kewarganegaraan di sekolah diantaranya :



 • Agar menciptakan siswa yang berpikir kritis, rasional dan juga kreatif dalam menanggapi isu tentang kewarganegaraan.

 • Agar dapat berpartisipasi secara cerdas dan bertanggung jawab, serta bertindak secara sadar didalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

 • Dengan pendidikan kewarganegaraan diharapkan agar peserta didik dapat berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter karakter bermasyarakat di Indonesia agar nantinya dapat hidup bersama dengan bangsa – bangsa yang lain.

 • Dengan pendidikan kewarganegaraan juga nantinya dapat melakukan interaksi dengan bangsa – bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. 


Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang tujuan dan fungsi pendidikan kewarganegaraan di sekolah

Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: