Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Seni Bagi Anak - Anak

Fenomena yang terjadi di Indonesia sendiri, ketika anak sudah duduk di bangku sekolah dasar, bangku SMP, SMA dan perguruan tinggi, nilai seni didalam diri mereka menjadi luntur. 

Mengapa? Karena kebanyakan orang tua dan bahkan juga tenaga pendidik dan pengajar lebih menekankan anak untuk tumbuh dengan prestasi akademik dan banyak yang mengabaikan prestasi seni didalam diri mereka. 


Padahal sebenarnya setiap anak punya potensi yang berbeda. Ada yang memang punya potensi akademik bagus dan ada yang malah punya potensi seni yang bagus. 

Kebanyakan dari mereka yang punya potensi akademik bagus punya potensi seni yang rendah. 

Dan sebaliknya mereka yang punya potensi seni bagus rata – rata punya potensi akademik yang memadai. 


Itulah yang sebenarnya menjadikan kita seharusnya tidak memaksakan setiap anak untuk paham benar dan berprestasi hanya di bidang akademik. Karena sebenarnya prestasi di bidang seni juga tak kalah pentingnya. 

Bayangkan saja ketika sudah masuk di dunia yang sebenarnya, mereka tidak semuanya akan jadi guru, dosen, dokter atau yang lainnya yang memang butuh prestasi akademik bagus. 

Akan ada diantara mereka yang akan jadi seorang seniman, musisi, model, penyanyi, pengusaha dan sebagainya. Karena itu sebenarnya fungsi pendidikan seni bagi anak tidak boleh diremehkan. 


Semoga informasi ini semakin membuka mata kita bahwa prestasi anak tidak boleh diremehkan. Malah sebagai orang tua ada baiknya kita senantiasa mendukung semua yang menjadi prestasi anak – anak kita.

Subscribe to receive free email updates: