Peran Penting Pendidikan Karakter Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat

Pendidikan karakter memang menjadi sebuah bidang pendidikan yang sangat penting untuk ditelaah lebih lanjut karena kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat menjadi sangatlah penting. 

Pendidikan karakter ada baiknya dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan bahkan juga di lingkungan masyarakat karena kesemuanya akan saling memberi warna dan saling berkaitan. 


Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang sangat besar atas pembentukan karakter anak dan juga turut menjadi kunci utama dalam pembentukan kepribadian anak menjadi pribadi yang lebih baik. 



Dan seorang anak yang dididik oleh orang tuanya dengan penuh kasih sayang memang akan merasa jauh lebih dihargai dan dibutuhkan. 

Kemudian ia juga akan memberikan sikap saling mengerti dan saling membantu satu dengan yang lainnya. 

Pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah merupakan pendidikan kedua setelah pendidikan karakter di lingkungan keluarga. 

Dalam hal ini guru menjadi media pendidik dan turut menjadi sumber bagi informasi anak didik serta memberikan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan keahlian anak tersebut. 


Di lingkungan sekolah akan diajarkan pendidikan umum dan juga 18 nilai pendidikan karakter yang sangat penting bagi kehidupan anak ke depannya. 

Pendidikan karakter dalam lingkungan masyarakat sendiri juga turut memberikan pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan anak didik. 

Hal ini karena lingkungan masyarakat dapat memberikan gambaran seperti apa hidup dalam bermasyarakat. 

Dan anak didik akan berinteraksi langsung serta menuai feed back dari masyarakat. 

Karena itu pendidikan karakter dalam lingkungan masyarakat turut menjadi aspek yang sangat penting.

Subscribe to receive free email updates: