Fungsi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa Indonesia

Pendidikan karakter memang menjadi sebuah bidang pendidikan yang sangat penting pengaruhnya bagi siapa saja. 

Pendidikan karakter adalah bingkai pendidikan yang menjadi sangatlah penting karena dengan adanya pendidikan karakter akan membuat generasi penerus tidak pernah lupa. 

Dan dengan pendidikan karakter akan membuat generasi penerus bangsa senantiasa berkembang dengan kepribadian yang sesuai jati diri bangsa. 

Beberapa fungsi pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa Indonesia diantaranya yaitu tentang : 

• Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang punya hati baik, berpikiran baik dan memiliki perilaku yang baik. 


• Untuk dapat membangun bangsa yang punya nilai dan karakter pancasila. 

• Mengembangkan potensi warga negara agar nantinya dapat memiliki sikap percaya diri dan bangga pada bangsa serta negaranya serta juga untuk mencintai umat manusia. 

Tujuan dari pendidikan karakter sendiri secara umum untuk dapat mengembangkan siswa secara sosial, etis dan akademis dengan menanamkan pengembangan karakter ke dalam setiap aspek budaya sekolah dan juga kurikulumnya. 


Dengan demikian tentu saja tujuan dan fungsi pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa Indonesia adalah untuk dapat membantu peserta didik mengembangkan karakter yang baik termasuk juga untuk mengetahui dan peduli serta bertindak sesuai dengan nilai – nilai etika inti, seperti rasa hormat, tanggung jawab, keadilan, kejujuran dan juga kasih sayang.

Subscribe to receive free email updates: