Fungsi Pendidikan Islam Bagi Remaja

Bagi siapa saja memang pendidikan itu sangatlah penting. Tentunya yang dimaksud pendidikan sangat penting disini tidak hanya soal pendidikan umum saja karena pendidikan agama dan pendidikan Islam untuk yang beragama Islam juga tak kalah pentingnya. 

Dengan pendidikan Islam, remaja akan bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan berwawasan Islami. 

Beberapa fungsi dari pendidikan Islam bagi remaja diantaranya yaitu : 


 • Untuk dapat menumbuhkan kreativitas. 

  Pendidikan Islam sendiri menciptakan generasi yang punya aktivitas kreativitas sehingga mampu dalam membangun dan juga mengembangkan nilai kebudayaan serta peradaban di masa yang mendatang. 


 • Dengan pendidikan Islam akan dapat memelihara dan melestarikan nilai – nilai insan serta ilahi. 

Kehidupan bersama dan juga interaksi didalam masyarakat juga membutuhkan nilai – nilai yang disepakati antar sesama manusia. 

Diantaranya yaitu nilai saling percaya, nilai kejujuran dan amanah, nilai saling tolong menolong, nilai tanggung jawab, nilai keadilan dan sebagainya. 

 • Dengan pendidikan Islam juga akan dapat membantu Indonesia menyiapkan tenaga kerja yang produktif, jujur, bertanggung jawab dan berpengetahuan islami. 

Hal ini tentu sejalan dengan prinsip umat Islam yang menekankan kepentingan dunia dan akhirat secara harmoni. 

Karena itu pendidikan Islam memang menjadi aspek yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan kehidupan remaja dalam masyarakat. 

Semoga fungsi pendidikan Islam bagi remaja yang kita bahas diatas semakin membuat kita sadar bahwa pendidikan Islam sangat penting.

Subscribe to receive free email updates: