Free Litkoin dari Bang Niddum

Arti Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Setiap manusia memiliki kepribadian didalam dirinya yang sudah bawaan sejak lahir dan cenderung tidak dapat diubah. Akan tetapi kepribadian tersebut masih dapat diarahkan. Cara untuk mengarahkan kepribadian tersebut yaitu dengan pendidikan karakter. 

Karena itu nilai – nilai dari pendidikan karakter memang sangat penting dikenal anak sejak dini. Pendidikan karakter sangat penting dikenalkan pada anak baik di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat juga. Berikut arti pendidikan karakter menurut para ahli. 


Pendidikan karakter menurut Lickona

Secara sederhana, pendidikan karakter sendiri didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Akan tetapi untuk tahu pengertian yang tepat dapat dikemukakan disini soal definisi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Lickona sendiri menyampaikan bahwa pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang agar dirinya dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai etika yang inti. 

Lalu seperti apa arti pendidikan karakter menurut kamus psikologi? 


Pendidikan karakter menurut kamus psikologi 

Menurut kamus psikologi sendiri, karakter merupakan suatu kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis atau moral misalkan seperti kejujuran seseorang dan biasanya akan ada kaitannya bersama sifat yang relatif tetap. 

Demikian sedikit informasi yang sangat penting tentang arti pendidikan karakter menurut para ahli. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates: