Free Litkoin dari Bang Niddum

Bau Badan Menyengat dan Cara Menghilangkannya

Bau badan menyengat tentu membuat Anda tidak nyaman, tidak hanya Anda namun juga orang di sekitar Anda. Tidak peduli Anda wanita atau pria, jika bau badan, maka orang lain tidak akan nyaman berada di dekat Anda. Bau ini membuat orang lain merasa jijik dengan Anda, karena menganggap Anda sebagai orang yang kurang bisa menjaga kebersihan, dengan kata lain orang yang jorok. Tentu saja ini akan berefek buruk baik pada pekerjaan maupun kehidupan sosial Anda. Intinya hanya yang negatif saja yang akan menghampiri, jika Anda tak segera mengatasi sumber bau tersebut. 

Mari baca selengkapnya.

Penyebab bau badan

Bawang putih
Ini merupakan salah satu bahan makanan yang bisa memberikan dampak bau di badan Anda. Selain itu bawang putih pun dapat mengakibatkan bau mulut jadi kurang sedap. Sudah lama hal tersebut terbukti, juga melalui penelitian ilmiah. Karenanya, jika ingin mencegah bau mulut, bau badan, dan bau ketiak, maka Anda bisa mengurangi konsumsi bawang putih, khususnya bawang putih mentah.

Minuman dengan kandungan alkohol
Anda tahu sendiri jika seseorang mabuk dan orang tersebut berbicara kepada Anda, maka Anda akan merasakan bau mulut. Selain itu, proses minuman dengan kandungan alkohol dalam tubuh itu bersamaan di hati, tetapi ada 10% kandungan alkohol dikeluarkan dari kelenjar keringat pada tubuh, dan nafas serta kencing. Karenanya konsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan seseorang cepat mengeluarkan keringat, dan sudah pasti disertai bau tak sedap dari badan Anda karena keringat tersebut.

Daging
Yang ketiga adalah daging. Ternyata daging pun adalah faktor penyebab bau badan pada seseorang. Seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar daging terlalu banyak umumnya akan memiliki aroma tubuh tak sedap dibandingkan dengan orang yang lebih sering konsumsi sayuran, termasuk vegetarian. Kondisi tersebut tidak aneh dan beralasan, sebab sifat daging yang tak dapat dicerna dengan mudah dalam tubuh, berbeda dengan sayuran.

Makanan dengan kandungan senyawa metil
Yang berikutnya adalah konsumsi makanan dengan kandungan senyawa metil. Di mana makanan seperti ini biasanya dari sayur bayam, buah bit, serta jenis makanan olahan, yang menggunakan bahan dasar kedelai.

Jarang mandi
Untuk faktor penyebab yang satu ini sudah jelas. Karena keringat yang mengering setelah aktivitas seharian, dan juga kotoran yang menempel. Menjaga kebersihan sangat penting untuk mencegah munculnya bau di badan Anda.

Cara mengatasi bau badan

Cara pertama yakni dengan mandi, tetapi yang menjadi pertanyaan, seberapa seringkah Anda disarankan untuk mandi dalam 1 hari? Jawabannya adalah 2x untuk 1 hari. Dasarnya tubuh seseorang akan mengeluarkan keringat yang dikeluarkan melalui pori. Dan itu terjadi setiap hari, karena itu Anda juga harus mandi setiap harinya. Apalagi saat musim kemarau, saat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak, juga setelah melakukan olahraga atau aktivitas berat yang lain. Keringat tersebut akan mengakibatkan bakteri menjadi menempel lebih mudah kemudian bersarang. Karenanya jika tak dibersihkan (Mandi) dengan rutin, akhirnya bakteri itu akan menimbulkan bau badan. Saat mandi, jangan sembarangan menggunakan sabun, dan juga jangan hanya disiram air saja. Melainkan, Anda harus menggunakan produk sabun yang memang sudah diperkaya kandungan antibakterialnya.

Cara kedua dengan konsumsi buah-buahan lebih banyak. Sama seperti sayuran, buah segar pun termasuk kategori makanan yang mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan tubuh, selain itu buah segar juga sehat. Karenanya, jika Anda mengkonsumsi buah maka usus pun menjadi lebih sehat, keringat pun tak bau. Contoh buah yang baik untuk dikonsumsi misalnya saja buah jeruk, apel, jambu biji, pepaya, serta berbagai buah yang lain. Cara ini juga termasuk cara yang alami. Namun tentunya cara pertama, yakni mandi secara rutin, harus tetap dilakukan. Tetapi dilengkapi dengan cara ini akan semakin baik hasilnya.


Cara terakhir dengan perawatan daun sirih. Yakni oleskan pada bagian ketiak dengan daun sirih fresh yang ditumbuk halus, diamkan 10 menit, barulah dibilas memakai air hangat. Daun sirih merupakan bahan herbal yang memiliki kandungan antiseptik dan antibacterial. Sekian artikel tentang bau badan, penyebab dan cara menghilangkannya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: