Tips Menghemat Kuota Internet di Komputer

Biasanya, jika kita menggunakan komputer, PC ataupun laptop, dalam menggunakan paket internet yang memang memakai kuota data, pasti kuota kita akan cepat habis daripada saat menggunakan mobile. Misalnya saat kita browsing memakai Google Chrome di komputer ataupun laptop, beban browser tidaklah dikompresi dan akan memonopoli beberapa bandwidth misalnya untuk plugin, add-ons, dan beragam extensions yang akan menghisap banyak kuota dari data paket internet kita. Lalu, solusi apa yang kita lakukan untuk mengatasi hal ini. Kita akan membahas tips menghemat kuota data internet di Google Chrome pada PC.

Ada beberapa tips menghemat kuota data internet dalam Google Chrome pada PC ataupun laptop kita. Cara dan langkah-langkahnya juga mudah diikuti, kita harus sedikit kreatif dan juga memperhatikan dengan seksama, supaya tidak terjadi kesalahan dalam mempraktekkannya.



1. Gunakanlah Extension Data Saver pada Google Chrome

Cara ini adalah salah satu cara dari tips menghemat kuota data internet pada Google Chrome di PC yang mudah.

a. Pastikan kita menggunakan Google Chrome dengan versi paling baru.
b. Masuklah ke Chrome Extensions, dan pilihlah Get more extensions.
c.  Ketikkan kata kunci Data Saver dalam search bar.
d. Temukanlah ekstension Data Saver, lalu klik Add To Chrome.
e. Kemudian, ikuti langkah untuk selanjutnya dan Data Saver akan sudah terpasang di Google Chrome kita.

Dengan langkah sekecil tersebut saja, kita sudah mampu untuk jadi tips menghemat kuota data kita dalam menggunakan Google Chrome baik pada PC maupun laptop. Kemudian, adakah cara lain selain kita menggunakan metode extension Data Saver seperti diatas ini? Tentu, sebenarnya ada beberapa cara dalam menghemat kuota data internet pada Google Chrome pada PC.

Baca Juga : Aplikasi Berbahaya
  
2. Nonaktifkan Gambar dan Plugin di Google Chrome

Mungkin saja sebagian dari kita meragukan hal tersebut. Ini adalah fakta. Gambar-gambar yang tertampil di Google Chrome pada PC maupun laptop mengkonsumsi banyak bandwidth. Apalagi bila resolusi gambarnya semakin besar dan juga detail, tentu akan membuat kuota data kita semakin cepat habis. Nah, satu solusi yang paling tepat ialah dengan menonaktifkan gambar pada Google Chrome kita supaya dapat tips menghemat kuota data yang kamu miliki. Caranya seperti berikut:

a. Bukalah Google Chrome.
b. Klik bagian Settings, scroll ke bawah.
c. Klik pada Show advanced settings.
d. Masuklah ke Privacy, lalu buka Content Settings.
e. Setelah popup keluar, pilih pilihan Do not show any images.

Selain itu, masih ada tips menghemat kuota data internet di Google Chrome, kita juga dapat mengatur sistem plugin yang akan muncul di Google Chrome. Langkah-langkah yang harus dilakukan sama dengan yang sebelumnya, tapi setelah langkah terakhir ketika popup muncul, kita scroll ke bawah dan cari opsi Plugin, kemudian pilih Let me choose when to run plugin content. Cukup simple kan?

Subscribe to receive free email updates: