Sekolah Pasar Modal, Memahami Investasi Lebih Jauh.

Ada berbagai macam jenis investasi, sekolah pasar modal bagus Anda jalani jika ingin menambah wawasan mengenai investasi. Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu pihak yang mengadakan sekolah ini. Ini adalah semacam seminar, diselenggarakan oleh BEI, dalam usaha memberikan edukasi pada masyarakat umum mengenai hal-hal terkait pasar modal dan investasi. Dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat, maka masyarakat pun bisa memanfaatkan ilmu tersebut jika ingin berinvestasi. Selain itu tak akan mudah tertipu oleh investasi abal-abal. 

Mari baca selengkapnya.

2 level

Adapun level dari sekolah ini ada 2, serta ada 2 jenis juga. Untuk jenisnya, yaitu:

  1.  Regular
  2.  Syariah


Antara keduanya tentu saja ada perbedaan mendasar.


Sekolah pasar modal – Lvl 1
Biasanya SPM yang diadakan oleh BEI ini gratis, jadi sebagai peserta tidak perlu membayar sepeserpun. Apalagi orang Indonesia sangat senang dengan yang gratis seperti ini. Walaupun gratis, tetapi jika Anda ingin mengikuti, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Jadi bukan langsung datang begitu saja. Biasanya untuk cara mendaftar, dilakukan secara online, Anda akan diminta mengisi kolom pendaftaran. Di URL sekolahpasarmodal.idx.co.id. Hati-hati jangan mendaftar di situs yang palsu, pastikan URL yang Anda ketikkan benar. IDX sendiri adalah singkatan dari “Indonesia Stock Exchange”.

Anda akan diminta untuk mengisi biodata diri, isikan secara benar dan lengkap, sesuai dengan yang diminta. Lagipula data Anda akan aman, jadi jangan khawatir. Sesudah Anda selesai mengisi, maka Anda pun akan diminta untuk download formulir, dan nanti digunakan sebagai tiket masuk pada ruang sekolah ilmu pasar modal tersebut. Tempat sekolahnya sendiri ada dalam gedung BEI, tower 2 lantai 1.

Sekolah pasar modal – Lvl 2
Diadakan 1 hari sesudah SPM level 1 sebelumnya. Tentu saja informasi yang Anda dapatkan di SPM level 2 ini lebih advanced dibandingkan SPM level 1. Anda akan mendapatkan ilmu mengenai efek derivatif dalam BEI, ETF, efek pendapatan tetap pada BEI, dan pengenalan dari pasar Modal Syariah.

Dari pihak BEI sendiri sering mengadakan sekolah ini dengan tujuan menambah jumlah investor pada pasar modal. Untuk Anda ketahui bahwa investor pada pasar modal Indonesia itu hanyalah 0,1% saja dari keseluruhan penduduk Indonesia, tentu itu adalah angka yang sangat kecil. Apabila dibandingkan dengan negara tetangga saja sudah kalah jauh, di mana persentasenya hingga 40%, sementara Indonesia hanyalah 0,1%. Itu karena masih banyak orang yang belum mengerti dan tidak memahami jika terjun dalam pasar modal bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Jadi bagi para investor sesungguhnya pasar modal merupakan lahan yang tepat untuk investasi jangka menengah, jangka panjang, serta sebagai seorang trader. Untuk pihak perusahaan yang melisting pada lantai bursa dapat memperoleh dana yang berasal dari masyarakat yang telah terjun dalam lantai bursa.

Sosialisasi


Yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia selain mengadakan SPM gratis, juga mengadakan Olimpiade untuk tingkat SMS sederajat terkait pasar modal. Pada beberapa universitas dibuka pojok bursa, sampai dengan virtual game dari pasar modal untuk level universitas juga. Ke depannya semoga saja semakin banyak masyarakat yang tertarik belajar dan menginvestasikan uangnya secara tepat dalam bursa saham. Juga meningkatkan kualitas investor Indonesia. Sekian artikel tentang sekolah pasar modal, jika ingin memahami investasi lebih jauh lagi, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: