Memilih Powerbank Sesuai Kebutuhan, Baca Dulu Biar Gak Nyesel!


Sudah bukan jamannya lagi untuk me-recharge daya dengan cara mencolok pada stop kontak dan kabel charger jadi tidak bisa mobile. Jamannya power bank, sebuah teknologi pengisian daya pada gadget yang menjadikan kita menambah daya dimana saja  selama daya yang tesimpan di dalamnya masih cukup untuk ditransfer. Dengan berbagai versi dari powerbank, lalu power bank seperti apakah yang layak untuk kita beli? Berikut adalah tips memilih powerbank.



Tips memilih powerbank yang pertama ialah dengan menentukan sesuai kebutuhan. Kita sendiri mengetahui bahwa fungsi utama dari power bank adalah untuk pengisian daya, dan sesuai kebutuhan. Berapa kali kita harus mengisi ulang daya gadget anda? Pastikan pula powerbank yang kita gunakan dayanya sama ataupun lebih besar daripada daya yang dibutuhkan oleh gadget. Contoh mudahnya, bila kita menggunakan smartphone yang membutuhkan daya sebesar 2000 mAh. Pastikan pula power bank yang kita pakai berdaya lebih besar, misalnya 8600 mAh. Jadi akan dapat untuk me-recharge lebih kurang empat kali. Hitungan ini adalah hitungan kasar, karena pasti ada daya yang hilang ketika melakukan pengisian. Selain dapat digunakan beberapa kali, memilih daya suatu powerbank yang lebih besar dibanding kebutuhan daya gadget akan menjadikan kita tidak perlu bolak – balik untuk me –recharge power bank.

Tips memilih powerbank yang selanjutnya akan membahas tentang Konektor. Saat ini sendiri yang di pasaran beredar banyak sekali merk dan jenis powerbank. Masing – masing nya menggunakan kelengkapan yang berbeda. Kebanyakan dari mereka menawarkan konektor dengan jenis yang bermacam bentuk. Hal ini juga bisa menarik minat konsumen karena akan dapat dimanfaatkan untuk beragam jenis gadget. Namun dengan bermacam – macam konektor yang ditawarkan hanya dengan harga yang murah, tentu jadi perhatian. Salah – salah, dalam penggunaan konektor yang memang tidak berkualitas ini akan menyebabkan arus pendek di gadget anda. Justru akan berbahaya bukan? Maka oleh karena itu, kamis sarankan untuk tetap dalam menggunakan konektor original yang bawaan gadget ketika mengisi baterai dengan power bank.


Tips memilih powerbank ini cukuplah penting dikarenakan sering kali terlewatkan ketika kita memilih power bank. Harga murah kapasitas besar dan bentuk yang unik pula, membuat kita tidak akan memperhatikan fitur – fitur pendukung dari keamanannya. Ada bermacam fitur yang menyertai dari powerbank. Misalnya adalah “Short Circuit Protection”. Fitur ini melindungi powerbank dan juga gadget yang sedang di charge bila terjadi arus pendek. Fitur keamanan selanjutnya adalah “Over Charging protection”. Mungkin kita salah satu dari yang suka kelupaan mengisi daya untuk ponsel dengan power bank hingga ditinggal tidur semalaman. Nah, fitur ini akan otomatis memutus aliran listrik bila pengisian sudah penuh. Ini akan melindungi gadget dari daya yang berlebihan, justru yang akan merusak gadget.

Subscribe to receive free email updates: